Pentingkah kita bergabung di komunitas sepeda


Sekarang ini komunitas sepeda sangat berkembang salah satunya di kota kita tercinta Depok, karena sepeda bukanya menjadi sebuah kebutuhan saja melainkan untuk hobi. semakin banyaknya peroduk sepeda lokal dan luar negri yang di buat oleh pabrikan untuk memenuhi kebutuhan sarana olah raga pribadi, maka semakin banyak sekali peminatnya dari segala usia mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua. 

Dari produk-produk sepeda yang dikeluarkan oleh pabrikan masing-masing memiliki jenis yang berbeda, dan tidak di pungkirinya juga pastinya banyak juga kesamaan yang berdasarkan dari satu merk sepeda, jenis dan hobi sang pemiliknya. Hal ini yang menjadikan sebuah  pembentukan komunitas-komunitas sepeda mulai dari yang menggunakan nama merk sepedanya untuk di jadikan nama komunitas ada juga nama komunitasnya menggunakan nama daerah nya seperti komunitas sepeda Depok yaitu D'margo (Depok Mari Gowes) menggunakan nama daerah.


Dampak dari banyaknya jenis sepeda dan merk sepeda, khusnya sepeda gunung biasa disebut MTB (mountain bike) hingga road bike dan sepeda lipat, berdirinya komunitas pun akan begitu meningkat dan anggota nya biasanya akan selalu bertambah. untuk wilayah Depok sendiri memiliki banyak sekali komunitas, tentunya semaknin banyaknya komunitas akan berdampak positif untuk daerah tersebut karna adanya kesadaran bersepeda adalah bagian dari olah raga yang menyehatkan tubuh dan dapat menjalin tali silaturahmi antar komunitas dan antar anggota komunitas. 

Kenapa Anda bergabung dengan komunitas sepeda dan apa manfaatnya jika Anda bergabung : 

1. Dapat Menyalurkan Hobi Bersepeda

Bukan cuma hobi mengendarai sepeda, di komunitas Anda juga dapat menyalurkan hobi sepeda jika Anda memiliki hobi gowes jangan di pendam, maka segeralah bergabung karna dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda, bisa jadi dari hobi bersepeda dan bergabung dengan komunitas yang Anda ikuti bisa mengantarkan Anda ke kejuaraan tingkat daerah, nasional dan internasional itu sebuah keberuntungan untuk Anda. 

2. Menambah jaringan, persaudaraan dan silaturahmi 

Kalau yang ini sudah pasti, kalau Anda masuk dalam suatu komunitas otomatis akan menambah relasi pertemanan Anda. Di komunitas bukan hanya teman dari komunitas yang Anda ikuti saja, tetapi juga jaringan pertemanan dari lintas komunitas sepeda se Indonesia, Seperti komunitas sepeda Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi dan komunitas sepeda lainya. 

Biasanya, komunitas itu sering sekali mengikuti kegiatan atau event di dalam maupun di luar kota, disana biasa nya banyak komunitas akan berkumpul dari berbagai daerah dan bertemu di dalam sebuah event, disanalah Anda akan mengenal satu sama lain yang dapat menambah jaringan dan tali silaturahmi antar komunitas lain, jangan kan untuk keluar daerah di kota Depok saja banyak sekali komunitas sepeda, mereka yang sebelumnya mengenal satu sama lain kini jadi mengenal antar anggota. Biasanya pertemanan akan lebih erat dan akrab karena ada sebuah kesamaan hobi. 

Nah, karena mereka sangat akrab nya di komunitas tersebut seakan-akan seperti saudara dan saling tolong menolong antar anggota, tidak hanya itu ada juga komunitas yang melakukan kegiatan postif seperti melakukan aksi donasi peduli kemanusiaan jika ada bencana alam. sologan yang sangat populer saat ini "satu sepeda sejuta saudara"

3. Bertukar informasi 

Berkomunitas selain menyalurkan hobi Anda dan juga menambah jaringan, masuk ke komunitas dapat menambahkan wawasan terutama di dalam bertukar infromasi yang sebelumnya Anda belum mengetahuinya. Biasanya, komunitas itu selalu mendapatkan informasi yang ter update tentang perkembangan dunia persepedaan tentang jenis dan aksessoris terbaru yang tersedia dari dealer sepeda resmi. 

4. Menambah pengalaman bersepeda 

Gowes bersama-sama atau touring ke luar kota menjadi sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan yang dilakukan oleh komunitas, terutama saat weekend tiba. Touring akan menambah wawasan dan pengalaman, Anda dapat melihat hal-hal baru yang ada di luar sana, seperti tujuan gowes bersama ketempat wisata dan ke daerah-daerah pedesaan yang indah, yang belum sama sekali kita pernah kunjungi dengan bersepeda, ini salah satu menjadi keseruan dan menjadi sebuah kebanggaan sebagai seorang bikers

5. Belajar 

Ini adalah bagian yang paling penting. Komunitas sepeda bukan hanya tempat untuk bersenang-senang saja, melainkan untuk tempat belajar, seperti belajar tentang geometri dan kegunaannya apada bagian-bagian sepeda, cara mengendarai  berbagai jenis sepeda dengan baik sesuai sepeda yang akan Anda gunakan.

Belajar menghargai antar anggota, kita juga dapat belajar memahami sebuah karakter dan sifat anggota atau member komunitas setiap orang pasti berbeda-beda karna seseorang mempunyai sisi baik dan buruk itulah yang akan kita jadikan pelajaran hidup, sebab tak jarang sekali terjadi gesekan-gesekan kecil di dalam komunitas itu sendiri, namun hal itu dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan. Dengan begitu kita belajar tentang arti sebuah perbedaan, dengan adanya sebuah permasalahan yang dapat diselasikan dengan baik, maka kehidupan sosial Anda juga akan semakin berkembang lebih baik.

Ayo sobat hobi gowes Depok jangan tunda lagi, ayo segera bergabung dengan komunitas sepeda di Depok yang cocok dengan Anda. Banyak teman banyak jaringan dan kita dapat belajar bersama loh..