Simak 7 Cara Bersepeda di Jalan Raya di Sini


Di kota-kota besar bersepeda sudah menjadi gaya hidup. Menghabiskan akhir pekan atau bersepeda ke tempat kerja juga menjadi cara menarik untuk mengurangi polusi dan menjaga kesehatan tubuh. Namun bagi Anda yang menyenangi aktivitas ini juga perlu memahami cara berkendara sepeda yang benar di jalan raya agar tetap aman dan nyaman saat berkendara. Perlu dicatat bahwa jalan-jalan kota besar pun penuh dengan kendaraan bermotor. 


Meskipun beberapa jalan mungkin memiliki jalur sepeda khusus ini tidak menjamin Anda dapat berkendara dengan nyaman dan aman. Demikian beberapa cara bersepeda yang baik di jalan raya semoga tips ini bermanfaat untuk anda.

1. Patuhi semua peraturan lalu lintas yang berlaku

Sebagai pengendara sepeda yang baik yang menggunakan jalan raya Anda harus memahami dan mematuhi semua peraturan lalu lintas yang berlaku. Biasanya rambu lalu lintas untuk sepeda motor. Namun tetap perlu pemahaman pengendara sepeda untuk mengurangi resiko kecelakaan rambu-rambu lalu lintas dapat dipahami dengan membaca artinya di berbagai artikel atau dengan mengunjungi website resmi kepolisian. 

Dengan pemahaman tersebut setiap pengendara sepeda motor di jalan raya dapat saling memahami dan tidak terjadi kesalahpahaman.

2. Memahami bahasa isyarat umum saat mengendarai sepeda

Sama seperti saat mengendarai sepeda motor ada banyak isyarat tangan yang membantu Anda berkomunikasi di jalan raya. Tidak apa-apa menggunakan perangkat komunikasi elektronik. Namun jika tidak memungkinkan Anda masih bisa menggunakan isyarat tangan. 

Hati-hati mulai dari rambu stop jika ada halangan atau rambu dan sinyal lain yang memperlambat belokan. Memahami sinyal-sinyal tersebut akan memudahkan komunikasi antar pengendara sehingga agenda bersepeda lancar dan tidak terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi.


3. Jaga Jarak AMAN 

Meskipun Anda berkendara dengan kecepatan tinggi Anda dan orang-orang di sekitar Anda tetap harus menjaga jarak aman. Setidaknya berikan jarak yang jelas untuk masing-masing motor agar jika terjadi sesuatu secara tiba-tiba tidak membuat panik dan menyebabkan rentetan kecelakaan. 

Jarak aman yang dibicarakan sebenarnya sangat subyektif tergantung kebiasaan kelompok. Namun setidaknya Anda mengetahui jarak tertentu yang dapat memberikan ruang untuk mengerem atau memperlambat agar berhenti dengan aman dan tidak mengagetkan pengendara lain.

3. Pelajari Bahasa Isyarat Umum Saat Mengendarai Sepeda 

Seperti halnya mengendarai sepeda motor ada banyak isyarat tangan yang digunakan untuk berkomunikasi di jalan raya. Pasti lebih baik menggunakan alat komunikasi elektronik. Namun jika tidak memungkinkan Anda masih bisa menggunakan gestur. 

Mulailah dengan belokan lambat pada sinyal berhenti dan perhatikan rintangan atau tanda dan sinyal lainnya. Memahami sinyal-sinyal ini memfasilitasi komunikasi antar pesepeda dan membuat agenda bersepeda berjalan lancar tanpa kesalahpahaman.

4. Bersepeda di sisi jalan Karena Anda tidak mengemudi terlalu cepat

Disarankan untuk menggunakan sisi jalan. Pastikan untuk menggunakan jalur sepeda khusus jika tersedia untuk menambah kenyamanan dan keamanan. 

Dalam rombongan besar pastikan rombongan tidak mengganggu pengendara lain. Idealnya tim dapat berkendara dengan dua gardan terpisah sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang di jalan. Selalu hormati pengendara lain agar kondisi jalan adil bagi semua orang.

5. Pastikan pendengaran normal

Banyak orang yang senang bersepeda juga suka mendengarkan musik. Itu memang meningkatkan kenyamanan berkendara tetapi tidak direkomendasikan dalam praktiknya karena mengurangi kesadaran lingkungan. 

Suara lain seperti klakson knalpot mobil atau sirene mungkin tidak terdengar dengan benar dan jelas. Ini dapat sangat mengurangi keselamatan bersepeda Anda. Jadi sebisa mungkin fokus pada bersepeda dan jangan mendengarkan musik di jalan Raya.

6. Kenakan pakaian berwarna cerah

Warna cerah atau terang salah satu cara terbaik untuk berkendara di jalan raya adalah dengan mengenakan pakaian berwarna cerah untuk visibilitas yang lebih baik. 

Seperti yang kita semua tahu setiap orang yang berkendara di jalan raya memiliki kebutuhannya masing-masing. Ini dapat mengurangi konsentrasi Anda saat mengemudi dan Anda mungkin tidak dapat melihat saat bersepeda. Pakaian cerah setidaknya akan meningkatkan visibilitas Anda di jalan raya dan membuat pengendara lain lebih sadar akan kehadiran Anda. 

Pakaian berwarna cerah ini bisa dibuat dari berbagai macam bahan mulai dari kaos jersey, celana, helm, masker, sarung tangan, topi, kaos kaki, sepatu hingga jaket.

7. Cek dan pastikan kondisi dan kelengkapan sepeda 

Cara yang tepat untuk mengendarai sepeda di jalan raya adalah mulai dengan sepeda yang siap Anda kendarai. Bahwa pemeriksaan yang cermat terhadap berbagai komponen sangat penting untuk memastikan sepeda dalam kondisi sempurna dan siap untuk diajak berkendara.

Mulai dari roda, ban, rantai, rem, dan setang semua bagian sepeda harus diperiksa dengan baik. Selama perjalanan bersepeda alat pelindung diri mulai dari helm hingga sepatu wajib digunakan.

Ok, sobat gowes komunitas sepeda depok D'margo Depok mari gowes cukup sekian tentang pembahasaan 7 cara bikers bersepeda di jalan raya. 

Jika teman - teman punya saran atau masukan tambahan silahkan berkomentar di kotak komentar di bawah ini sekian dan terima kasih sudah berkunjung ke situs resmi kami. Sampai jumpa di artikel berikutnya tentang tips bersepeda.