4 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh Anda





Salah satu menikmati sebuah pemandangan alam yang indah dengan menggunakan sepeda adalah hal yang sangat menyenangkan sekali. selain kesenangan yang didapat dengan bersepeda,  banyak sekali manfaat bermain sepeda terutama bagi kesehatan Anda.

Sepeda juga sebagai alat transportasi dan juga sebagai alat untuk rekreasi,  bersepeda membuat badan kita sehat dan menjadikan tubuh kita bergerak aktif. banyak sekali para pakar ahli kesehatan menjelaskan tentang manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh manusia, tubuh yang aktif adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kualitas kesehatan. jika dilakukan 2,5 jam saja dalam seminggu  atau 15 menit sampai 30 menit setiap hari melakukan secara rutin memiliki dampak positif untuk kesehatan tubuh Anda.

Ini loh manfaatnya bersepeda!

Saya akan menjelaskan ada beberapa manfaat bersepeda, jika anda melakukan secara rutin.

1. Dapat meningkatkan kekuatan otot  pada tubuh manusia

Banyak sekali anggota tubuh dan otot-otot yang terlibat saat anda melakukan kegiatan bersepeda secara rutin. jika anda melakukan bersepeda secara rutin maka akan menghasilkan sebuah otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya Anda bersepeda. Selain itu, keseimbangan tubuh manusia juga ikut terlatih jika anda melakukan salah satu olahraga bersepeda ini.

2.   Merawat sendi-sendi

Sendi-sendi di manusia banyak sekali karena selain otot sendi-sendi terdapat pada lengan dan tungkai semua sendi akan ikut aktif. seperti sendi sikut, pergelangan kaki, lutut, dan sendi-sendi pada bagian tangan. Sendi akan otomatis bekerja saat kita bersepeda. pergerakan yang sangat aktif akan membuat persendian makin fleksibel.

3.  Menstabilkan berat badan

Jika Anda melakukan rutinitas bersepeda otot anda menjadi optimal. Ini adalah salah satu keuntungan tubuh yang aktif bergerak, jika Anda melakukan bersepeda otot Anda terlatih dan dapat meningkatnya metabolisme tubuh dan optimalnya pembakaran kalori. Adanya pembakaran kalori tentu saja ini sangat baik untuk menjaga kestabilan berat badan tubuh Anda yang menjadi ideal. Kebiasaan bersepeda secara rutin dan pola makan yang bergizi yang sangat seimbang ini adalah salah satu untuk mencegah berat badan Anda meningkat atau kegemukan.

4. Kardio

Olahraga bersepeda termasuk olahraga kardio, kenapa demikian karena salah satu olahraga ini dapat meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan menghasilkan sirkulasi darah akan meningkat dengan baik. Jika Anda melakukan secara rutin dan teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol, bersepeda juga sangat dianjurkan karena dapat menguatkan otot-otot jantung, dan dapat menurunkan tekanan darah. menurunnya sebuah kadar kolesterol yang jahat, berolahraga sepeda akan mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah Anda. Otot jantung Anda yang biasa terlatih dapat menjadi lebih efektif sehingga proses mengantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh semakin optimal. semakin baik kinerja sistem peredaran darah Anda semakin rendah Anda akan terserang resiko stroke, tekanan darah tinggi, dan yang sangat membahayakan yaitu serangan jantung.




Sebelum Anda melakukan kegiatan bersepeda Anda harus mengecek keamanan sepeda Anda terlebih dahulu.

Jika Anda melakukan bersepeda secara rutin, banyak sekali manfaat bersepeda yang bisa Anda nikmati, agar  kegiatan Anda bersepeda menjadi lebih optimal maka ada hal-hal yang perlu sangat diperhatikan sebelum Anda melakukan kegiatan olahraga bersepeda. salah satunya yang terpenting adalah faktor keamanan dalam bersepeda.

Bagaimanapun keamanan bersepeda itu sangat wajib dilakukan. Jika Anda meremehkan sebuah keamanan bersepeda maka  manfaat sepeda akan menjadi sia-sia. Untuk itu,  ada beberapa tips aman yang akan kami informasikan ke Anda yaitu: 

1. Periksa sepeda anda terlebih dahulu

Sebelum Anda melakukan kegiatan olahraga bersepeda, pastikan Anda sudah memeriksa semua komponen yang ada di sepeda mulai dari tekanan angin, ban, rem, rantai sepeda, dan sebagainya jika Anda mengabaikan salah satu bagian sepeda tidak berfungsi dapat membuat Anda cedera.

2. Gunakan pelindung kepala dan lutut

Bagian-bagian ini seperti kepala, siku dan lutut adalah bagian yang sangat rentan ketika terjadi kecelakaan atau jika  terjatuh dari sepeda. pastikan ketiga nya terlindungi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka efeknya tidak terlalu fatal.

3.  Sopan santun dalam berkendara

Anda bersepeda harus tetap memperhatikan pengguna jalan lain,  baik pengguna kendaraan bermotor roda dua dan roda empat atau pejalan kaki. jika di jalan raya tidak menyediakan jalur khusus sepeda Anda jangan menyerobot hak para pejalan kaki.  Pastikan Anda selalu memberi tanda kepada para pengguna jalan lainnya saat akan berbelok atau pun berhenti. Jangan sekali-kali Anda melakukan dengan mendadak karena itu dapat membahayakan Anda dan orang lain. Anda juga harus selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.

4.  Anda  harus terlihat oleh kendaraan lain

Anda bisa saja bersepeda di jalan umum dengan kondisi jalan gelap atau kurangnya lampu penerangan jalan di saat Anda bersepeda di malam hari saat ini banyak sekali para goweser atau pecinta sepeda melakukan kegiatan-kegiatan entah itu dari komunitas atau pribadi melakukan kegiatan gowes malam  biasa disebut Night Ride. Untuk ini Anda harus memasang lampu di sepeda Anda, gunakanlah baju yang berwarna terang dan mudah terlihat oleh pengendara lain. 

Oke, terimaksih telah berkunjung kesitus Komunitas Sepeda d’margo Depok mari gowes, kami sudah menjelaskan beberapa manfaat dan keamanan bersepeda jika sepeda Anda memang sudah siap untuk Anda kayuh, maka Anda sudah dapat menikmati dari manfaatnya bersepeda dengan aman dan nyaman. see you...